Laporan Keuangan Pengertian dan Tujuannya

Laporan Keuangan Pengertian dan Tujuannya

,


Laporan keuangan yaitu hasil final proses pencatatan yang terdiri dari aneka macam transaksi keuangan dalam periode waktu tertentu. Standar Akuntansi Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan bab dari pelaporan keuangan.
Artinya, laporan keuangan dan pelaporan keuangan merupakan dua hal yang berbeda.
Laporan keuangan yang lengkap biasanya terdiri dari neraca laporan perubahan posisi kas, serta catatan lainnya yang berafiliasi dengan isu keuangan, menyerupai imbas perubahan harga. Sementara, pelaporan keuangan merupakan segala aspek yang berkaitan dengan perihal penyampaian isu keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

  1. Sofyan S. Harahap mengungkapkan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang menggambarkan kondisi keuangan serta hasil perjuangan dari sebuah perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan juga sanggup menjadi citra kapabilitas sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut dalam kondisi administrasi yang baik atau tidak. Di samping itu, adanya laporan keuangan juga sangat membantu perusahaan untuk memilih kebijakan ekonomi bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan tersebut.
  2. Munawir berpendapat bahwa yang dimaksud laporan keuangan ialah data historis yang juga merupakan laporan kemajuan suatu perusahaan. Lebih lanjut lagi dia memaparkan bahwa laporan keuangan terdiri dari data yang merupakan kombinasi fakta-fakta, prinsip keuangan, kebiasaan dalam akuntansi, serta pendapat pribadi.
  3. Zaki Baridwan menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan rangkuman transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode buku yang bersangkutan.

Definisi Laporan Keuangan Berdasarkan Wikipedia:

Laporan keuangan yaitu catatan isu keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang sanggup dipakai untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan yaitu bab dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya mencakup : Neraca.

Karakteristik Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan Beserta Tujuan dan Cara Membuatnya Terbaru  Laporan Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Langkah Membuatnya Lengkap 2016https://peluangusahabisnis24.blogspot.com/search?q=laporan-keuangan



  • https://www.academia.edu/21325954/Rangkuman_Laporan_Keuangan

  • *** Sumber: Sayanda.com
    Demikianlah update isu kali ini agar bermanfaat dan sanggup menambah wawasan serta sanggup menjadi referensi anda semua yang sedang berguru menciptakan tumpuan laporan keuangan. Salam

    TerPopuler